Sabtu, 21 Januari 2012

Fasilitas baru VB 6.0


           Jika di banding dgn sebelumnya, Dlm versi 6.0 ini, Visual basic atau biasa juga di sebut VB telah banyak mengalami perubahan terutama pada fasilitas yg telah di sediakan. Fasilitas2 tersebut di antaranya adalah :

Segi data acces

Dari segi data accces terdapat beberapa tambahan. Tambahan tersebut  di antaranya:
  •  ADO ( ACTIVE DATA OBJECTC )
           Fasilitas ini ada pada semua edisi & merupakan teknologi baru dlm mengakses object data, yg           mampu menghubungkan teknologi microsoft dgn non microsoft, pengaturan pengaksesan data lokal maupun data jarak  jauh .

  •  DATA ENVIRONMENT 
          Fasilitas ini haya ada pada edisi profesional & edisi enterprise. Desainer data environment ini mendukung sebuah data interaktive, design-tme environmet untuk membuat data ADO

  • ADO DATA CONTROL
          Fasilitas ini ada pada semua edisi. Kontrol data source ini berfungsi seperti kontrol data & remote data yg anda miliki. Dgn fasilitas ini anda mampu membuat aplikasi data base dgn meminimkan sistem pengkodean.
  • ENHANCED DATA BINDING
          Fasilitas ini hanya ada pada edisi profesional & enterprise.Dlm fersi sebelumnya,hanya memungkinkan terhubung dlm bind control ke yg lainnya pada sebuah form. Di dlm VB 6.0 ini anda dpt menghubungkan beberapa data source  ADO/OLE DB.
  • OLE DB SUPPORT
          Fasilitas ini ada pada semua edisi.OLE DB ini mengatur interface COM yg mendukung aplikasi dgn beberapa form pengaksesan yg di masukan ke dlm source informasi driver, baik yg terhubung maupun yg tak terhubung.interface ini mendukung beberapa DBMS yg di miliki data source.
  • VISUAL DATABASE TOOLS INTERGRATIONS ( QUERY DESIGNER & DATABASE DESIGNER )
           Fasilitas ini hanya ada pada edisi enterprise, yg di gunakan untuk membuat & memodifikasi secara visual database & query, membuat SQL server & tabel database oracle, drag & drop untuk membuat view, & secara otomatis mengubah kolom data.
  • SETUP WIZARD DATA ENHANCEMENTS      
          Fasilitas ini ada pada semua edisi. Package & Deployment  Wizard mendukung ADO, OLE DB, RDO, ODBC, & DAO.
  • DATA REPORT
          Fasilitas ini hanya ada pada edisi profesional & enterprise. Dgn fasilitas ini, anda dpt mengunakan & melakukan drag & drop untuk membuat form report secara cepat pada recordset, termasuk struktur recordsetnya.
  • DATA SOURCE
          Fasilitas ini hanya ada pada edisi profesional & enterprise. Merupakan kontrol & kelas yg di gunakan user untuk mengontro data.
  • DATA VIEW WINDOW
          Fasilitas ini hanya ada pada edisi profesional & enterprise. Anda dpt mengunakan window data view ini untuk melakukan browse terhadap semua database yg anda hubungkan ke tabel, view, prosedur & yg lainya.
  • SQL EDITOR
          Fasilitas ini hanya ada pada edisi enterprise. Dgn fasilitas ini anda dpt menambah prosedur baru ke SQL server & database oracle yg sudah ada.
  • HIRARCHICAL FLEXGRID CONTROL
          Fasilitas ini ada pada semua edisi. Kontrol ini merupakan perbaikan kontrol flexgrid yg ada pada versi sebelumnya. Kontrol ini di gunakan untuk mendukung kemampuan kontrol flexgrid. Kontrol ini dpt menampilkan hirarki recordset ADO.
  • DATAREPEATER CONTROL
          Fasilitas ini hanya ada pada edisi profesional & enterprise. Berguna untuk menyisipkan atau memasukan sebuah usercontrol ke dlm datarepeater untuk membuat sendiri view sebuah database, mirip dgn formnya access, datagrid atau kontrol bound data field.
  • FORMAT OBJECT
         Fasilitas ini ada pada semua edisi. Yg mendukung 2 cara konversi data antara sebuah database & sebuah data bound control. saat sebuah sebuah nilai di baca dari database, sebuah format object akan di tambahkan atau di masukkan ke dlm bound kontrol.
  • DATAGRIDE CONTROL
         Fasilitas ini ada pada semua edisi. Merupakan sebuah kontrol OLE DB-aware versi DBGRID, yaitu skontrol yg mengijinkan anda untuk secara cepat membangun sebuah aplikasi untuk menampilkan & mengedit recordset.
  • DATALIST CONTROL, DATACOMBO CONTROL
         Fasilitas ini tersedia di semua edisi. Kontrol ini merupakan versi kontrol OLE DB DBlist & kontrol DBcombo. Kontrol ini juga mendukung kontrol data baru ADO.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar